Selasa, 15 Juni 2010

Xenopet



Title: Xenopet
Author: Rizky Arrydesta
Pages: 192 pages BW
Genre: Action Fantasy
Publisher: m&c! Publishing
Price: Rp 15.000
Release Date: 28 Mei 2010 Available at the book stores


Sinopsis:
Ray adalah anak yang tak suka dengan Xenopet, hewan modifikasi genetis yang bisa dipelihara dan digunakan dalam Xenopet battle arena.
Suatu hari Ray menemukan Marie, Xenopet harimau yang dibuang pemiliknya. Sejak itu Ray bertekad membuktikan arti pentingnya persahabatan...

Ulasan:
Hmm... dari kovernya dan sinopsisnya saya teringat serial komik jepang terkenal yang sudah banyak diadaptasi ke berbagai media, yaitu P*k*m*n dan D*g*m*n. Anda setuju dengan pendapat saya?? Setuju atau tidak, itu hak anda hehehe ^^
Namun, penulis hendak mengingatkan kepada kita semua di halaman terakhir komiknya bahwa komikus menjunjung tinggi orisinalitas baik dari segi cerita atau desain. Walaupun tetap saja orang, apalagi pembaca Indonesia akan tetap membandingkannya dengan P*k*m*n dan D*g*m*n.
Tapi satu hal yang terpenting, dapat dimaklumi karena komik ini merupakan karya perdana, yang sangat wajar apabila terdapat kekurangan disana sini.
Grafis yang disajikan sangat minim arsiran, bahkan hampir dikatakan tidak ada. Sangat banyak ruang kosong yang seharusnya terisi, dan gambar latar belakang yang sekadarnya membuat komik ini agak kurang menarik. Namun dibalik kekurangan itu terdapat kelebihan pada desain karakternya, menurut saya cukup solid dan bagus, saya saja senang dengan kovernya ^^

Satu lagi, agak mengganggu saya sih, settingnya tidak jelas, apakah berada di Indonesia atau di negeri nun jauh di luar sana, soalnya nama Indonesia yang diwakili Pak Budi sebagai guru Xenopet, ternyata tidak diterapkan pada Ray, Marie, Amita, Alice, dan Vivian L. Blanchette, so.. saya jadi agak bingung sendiri, mengingat penulis tidak menyebutkan setting dunia xenopet ini...

Untuk karya perdana, cukup bagus untuk sebuah komik, namun sangat dan masih banyak yang perlu dikembangkan lagi.. Maju terus dan pantang mundur...!!!
saya sendiri membeli komik ini untuk preservasi komik Indonesia, saya harap menjadi batu loncatan agar komik Rizky selanjutnya menjadi lebih baik. Setuju!??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar