Sabtu, 26 Juni 2010

Para Gokil


Title: Para Gokil
Author: Komplotan Komikus Tengil/GOlongan Komikus usIL (GOKIL)
Pages: 184 pages BW
Genre: Lifestyle
Publisher: Gradien Mediatama
Price: Rp 30.000
ISBN: 978-602-8260-602
Release Date: Juni 2010


Sinopsis:
Inilah parade komik gokil. Dari keusilan di dunia anak-anak, seperti yang terdapat pada komik Adlan & Delia karya Budesain, dan juga Si Cungil yang beranjak remaja karya Adhiw. Keusilan parodi superhero karya Eko S Bimantara yang menyoroti masalah besar di negara ini, KiBezo yang memarodikan ke-superheroan-nya dan juga menyoroti lingkungan sekitarnya. Tingkah nyeleneh si keriting Abim karya Arya, keusilan di tempat kerjanya sampai di lingkungan sekitarnya. Keunikan pengendara motor vespa, si Oplu; yang sangat ngartun dengan setting di Bandung karya Abah Kuskus. Dan makhluk unik sejenis UFO yang diambil dari karya sebelumnya Wisnoe Lee, Lolipet yang usil dengan binatang disekitarnya, dengan cerita tanpa teks seperti komik Gibugnya. Dan kekhasan karakter dengan rambut gondrong ikal, yang mungkin mencerminkan komikusnya, Vbi Djenggoten, yang berkisah seputar kuliner gokil.

Ulasan:
Anda para penggemar komik indie/underground yang setia dengan karya2 para penulisnya, seperti Ahmad Zeni, Eko S. Bimantara dan Wisnoe Lee..?? tak salah lagi inilah komik yang pas dengan selera anda, dengan format komik kompilasi ini, anda akan menemukan 8 buah karya yang berbeda, yang kesemuanya usil, jahil, gokil, tengil dan semua yang berakhiran -il lainnya, asal jangan (lagi-lagi) membawa nama Pak Toto Latif, eh maksudnya Pak Mail hehehe XD

Humor, adalah tema yang sangat membumi, dan termasuk senjata andalan untuk meraih ceruk pasar pembaca komik Indonesia yang lebih luas lagi, komik ini memberi rasa baru, yang tak saja berisi tingkah polah konyol dan usil, namun tersirat makna dan pesan yang sangat dalam, pun inilah hebatnya dengan media komik, tanpa menggurui pembaca... jika anda baca dengan seksama, kita akan melihat kerancuan, kenaifan, dan potret masyarakat kita yang digambarkan lewat penuturan visual yang lugas dan cerdas, dan mengena dengan kehidupan sehari2.
Tak ayal, komik ini begitu membumi, dan menyentuh sisi lain dari potret masyarakat kita karena cerita yang dibuat sangat dekat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Bravo...!!! terlebih saya melihat ada banyak peningkatan seperti humor dalam karya Eko S. Bimantara yang cenderung kasar dalam komik sebelumnya di KRL, sekarang tampak cerdas dan dapat dijadikan refleksi bagi pembacanya.
Ada juga karya baru Adi Muhammad Taufik a.k.a Adhiw yang walaupun Lucu dan Tengil tapi tetap Jujur dan Adil. Penasaran untuk melihat komik lainnya seperti si Oplu si Budak Motor, Abim yang nyeleneh dan bikin ngakak, KiBezo karya ahmadzeni yang tenar duluan di dunia maya lewat Pragatcomic, tak ketinggalan vbi djenggoten, Adlan & Delia, serta karya lain dari Wisnoe Lee, Lolipet.

Bagi anda yang penasaran, segera beli di toko buku terdekat...
Ini adalah koleksi tengil bin jahil yang tak akan lekang oleh waktu :)

Support your local comic,,, Jayalah selalu Komik Indonesia!!!

2 komentar: