Kamis, 10 Juni 2010

I Want to Live


Title: I Want to Live
Author: Kababonken
Pages: 192 pages BW
Genre: Drama
Publisher: m&c! Publishing
Price: Rp 15.000
Release Date: 28 Mei 2010 Available at the book stores


Sinopsis:
Apa yang akan kita lakukan apabila kita...
Kelaparan...
Tidak punya Uang...
Kesakitan...
Cacat Fisik...
Kehilangan masa depan...?

Sementara ada orang-orang yang dengan mudahnya menempuh jalan pintas untuk terlepas dari sulitnya kehidupan. Ternyata masih banyak orang yang gigih berusaha keras memberikan makna pada hidupnya yang mungkin sudah takkan lama lagi.


Cerita terdiri dari 5 bagian yang masing2 tokoh berhubungan satu sama lain dalam setting lokasi yang sama, yaitu Medan, Yaps, anda tidak salah lihat, sepertinya penulisnya berasal dari Medan. Horas!! Selamat atas terbitan perdananya di Koloni m&c!

Dimulai dengan kisah Yurika, anak perempuan sang pedagang rokok asongan yang berjuang mempertahankan hidupnya demi sesuap nasi untuk menghidupi dirinya dan adiknya yang masih kecil. Kemudian berlanjut pada Willie penerus perusahaan Talent Agency milik orang tuanya yang terlilit hutang, hendak melakukan bunuh diri, namun sempat dicegah oleh Celia, gadis pengidap 'medulloblastoma' atau kanker otak yang hidupnya tinggal menunggu waktu saja. Beranjak ke sudut lain terdapat sepasang keluarga diva yang tidak mengakui anaknya yang bisu, Cyan Euphony karena diangggap dapat merusak citra mereka. Sanggupkah sang anak bertahan menyikapi kedua orang tuanya. Di lain pihak, Iria, seorang penyanyi solo yang tengah merintis karir diganjal oleh ulah sang produser dengan memaksa Iria menjual tubuhnya. Dengan cara apa Iria memenuhi ambisinya dan bagaimana kisah tokoh2 lainnya?
Temukan kisahnya dalam buku ini...

Ulasan:
Apa yang menjadi poin plus komik ini, tentu saja segi visual!!! Yaps, tidaklah berlebihan bagi anda yang anti komik Indonesia karena terbiasa membaca manga jepang akan mengangguk-angguk puas melihat visualnya, yaps, gambarnya jepang banget, karakternya, panelnya, dan latar yang ditampilkan sungguh membuat anda tersepona (maksudnya terpesona, hihi). Sejak awal membuka lembaran komik ini, saya sempat 'tertipu' oleh settingnya yang saya pikir nun jauh dari Indonesia tercinta, kalau tidak di Jepang mungkin di Korea, hehehe. Apalagi ditunjang dengan karakter yang bernama Yurika :)
Tapi, lama kelamaan pun saya menyadari kalau di Jepang tidak mungkin ada anak perempuan yang menjual rokok asongan layaknya di Indonesia hehe, lembar demi lembar akhirnya penulis memperjelas bahwa lokasinya ternyata ada di Medan, kota yang terkenal dengan keindahan Danau Toba ^^
Latar belakang yang Rapih, karakter solid, dan berkarakter itulah kesan positif dari visual yang disajikan komik ini.
Pacing cerita juga lugas dan cepat, wajar karena ini one shot comic, jadi, harus cukup menggambarkan cerita secara keseluruhan dalam satu kali terbit.

Saran saya agar komik ini lebih berkesan Indonesia banget, sebaiknya nama tokohnya diubah seperti nama orang Indonesia pada umumnya seperti Yurika diganti jadi Rika, atau Euphony diganti menjadi Edward Sitorus misalnya, hehe kayaknya lebih mengena dengan Medan deh :)

Saya harapkan kedepannya juga Kababonken semakin memperkuat identitas dan entitas ke-Indonesia-annya agar tidak menghilangkan ciri khas komik ini bahwa I Want to Live berasal dari Indonesia, soalnya saya sempat 'kecele' pas awal-awal membacanya hehe.
Dengan kualitas visual yang ngga nanggung, saya rasa jika terus dikembangkan dan diperdalam akan menjadi sebuah karya tersendiri yang mengena di hati pembaca Indonesia. Maju terus dan tingkatkan karyanya, kami semua menunggu karya berikutnya :)

Terakhir, bagi anda pembaca setia manga jepang, tak ada ruginya jika sejenak meluangkan waktu untuk membaca bahkan membeli komik ini, niscaya anda akan menikmati visual a la manga yang biasa anda baca, anda yang orang Medan khususnya akan melihat perspektif baru mengenai Medan yang ditawarkan I Want to Live ini. Terlebih pesan moral yang hendak penulis sampaikan juga bagus dan sangat universal, bahwa sesulit apapun cobaan dan keadaan yang kita alami, kita harus bersyukur dianugerahi hidup oleh Yang Maha Kuasa. I Want to Live, mari isi hidup kita dengan sesuatu yang berkualitas. Get it in your nearest bookstore! :D

Sangat direkomendasikan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar