Selasa, 22 Juni 2010

Chrysanthemum


Title: Chrysanthemum
Author: Chairunnisa P. dan Adriane Yuanita
Pages: 192 pages BW
Genre: Romance
Publisher: m&c! Publishing
Price: Rp 15.000
Release Date: Minggu ke-3 Januari 2010


Sinopsis:
Seberapa jauh jarak yang akan kau tempuh demi orang yang kau cintai?

Hal yang paling diingat oleh Kiku atas kakeknya, Haga Yuuhi, adalah sosoknya ketika menatap senja. Tiap kali ditanyakan, sang kakek yang dicintainya itu selalu bertanya-tanya... soal masa lalu sang kakek di negeri yang ada di batas cakrawala... tentang obsesi sang kakek dengan bunga Krisan...

Chrysanthemum adalah sebuah kisah tentang kasih sayang, penantian, dan tentang memaafkan.

Ulasan:
Hihihi, ini adalah komik romansa yang saya sukai setelah Luv-nya Archie The Red Cat. Walau telat (lagi), saya akan memberikan sedikit komentar mengenai komik ini...
Komik ini adalah komik cewek, yaps shojo atawa romansa yang emang kebanyakan bertema tentang cinta. Namun, inilah komik cewek pertama apalagi dari Indonesia yang menarik perhatian saya XD Hahahaha....
Jujur, entah kenapa saya suka komik ini, tapi salah satunya adalah faktor tokoh Rannisa-nya yang merupakan tipe cewe gue banget! Hahaha, cantik, lucu, dan yang paling penting, berprinsip XD
Hahahaha, lupakan tulisan diatas, jangan dianggap serius yah... yang jelas komik ini menawarkan setting yang Indonesia banget, tepatnya di Bandung... selain itu, komik ini juga tidak canggung untuk menggambarkan budaya khas Indonesia di bagian awal komik, ketika Kiku mendarat di Indonesia, Mantap...!!!
Ceritanya sendiri penuh dengan nilai moral yang bagus lho menurut saya..terus dibacanya juga enak, ngalir, dan ngga membosankan. Pergantian ekspresi karakter seperti Kiku, Banyu, dari yang realistis ke chibi juga jadi poin plus komik ini... Dengan diselipkan humor2 khas anak SMA, komik ini sedikit membawa saya kembali mengingat masa2 SMA yang konyol XD
Dari segi visual pun tidak mengecewakan, walaupun banyak orang bilang mirip komik berinisial HB, saya ngga peduli.. hehe, visualnya cukup bagus menurut saya, terlebih ketika ekspresi dan gesture karakter-karakternya, pas banget, keren!
Buat yang sering membaca manga shojo jepang, pasti udah ngga asing dengan efek2 bunga ekspresi karakternya...
Cuma, lagi2 kebiasaan komik Indonesia apalagi seri romansa termasuk komik ini juga sangat lemah di background, walaupun kita dapat dengan mudah mengidentifikasi gambar yang dibuat komikus, namun kita bisa melihat ke-tidak konsisten-an gambar background terutama detil latar yang dibuat sekadarnya saja.

Dari komik ini juga kita menjadi tahu, sejarah Indonesia dibawah penjajahan Jepang, ternyata tidak diceritakan disana, malah seperti ditutup-tutupi.
Dengan menggabungkan tema cerita yang menggabungkan filosofi hidup, kasih sayang, dan cinta... komik ini dapat mengharu biru pembaca, terutama pembaca wanita. Tak sedikit yang katanya menangis atau setidaknya terharu setelah membaca komik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar