Senin, 12 Juli 2010

Sweethearts


Title: Sweethearts
Author: Cassandra & Almie
Pages: 192 pages BW
Genre: Drama/Romance
Publisher: m&c! Publishing
Price: Rp 15.000
Release Date: 30 Juni 2010
Rating: Dewasa


Sinopsis:
Akhirnya, Nina dan mamanya tak lagi tinggal di rumah kontrakan. Nina bahkan bisa bersekolah di SMA swasta bergengsi khusus perempuan yang jauh lebih baik dari sekolahnya yang dulu. Namun semua "kemajuan hidup" ini terasa mengganjal bagi Nina.

Nina tahu benar, kepindahan mereka ke rumah mewah ini karena mamanya berhubungan dengan Oom Rio, pengusaha yang jadi pacar terbaru mamanya. Nina tak yakin, apakah pilihan hidup mamanya ini salah atau benar, terlebih ayah Nina sudah lama tak mengunjungi mereka. Semua terasa tak pasti... sampai Nina bertemu dengan Imel dan gang Sweethearts.

"Kita mungkin nggak bisa mengubah dunia, tapi bukan berarti dunia bisa mengubah kita..."

Ulasan:
Sweethearts adalah Sebuah komik yang naskahnya diadaptasi dari film layar lebar berjudul sama yang akan tayang segera di Indonesia yang dibintangi: Mischa Chandrawinata, Aurelie Moeremans, Sabai Morschek, dan Ayu Azhari.

Sebagai komik adaptasi, Sweethearts sudah cukup baik dalam menarasikan kisah bullying, kasih sayang dan konflik dunia remaja. Karena unsur ceritanya yang cukup kuat, komik ini mungkin akan lebih membekas pada pembaca wanita, karena banyak melibatkan perasaan (mungkin ya, secara gw ni cowok.. hehe).

Saya sendiri sebagai pembaca pria, suka dengan cerita yang dituturkan dalam Sweethearts ini, selain simpel, lugas dan mudah dibaca, komik ini memang tak jauh dengan tipikal sinetron atau film lokal yang pernah atau sering kita tonton. Namun, sayang seribu sayang, adalah segi visual yang mungkin akan jadi pertimbangan bagi para calon pembeli dan pembaca komik ini untuk melangkah lebih jauh membuka lembar demi lembar bukunya. Bagi yang terbiasa melihat dan membaca manga Jepang, tentu akan merasa kikuk dengan kover yang disuguhkan komik ini, terbukti adik2 saya yang senang membaca komik yang baru saya beli langsung 'emoh' untuk membaca lebih jauh, terlebih setelah sekilas membolak-balik halaman pada tiap kertasnya...

Hei.. Tapi tunggu dulu, ini kan komik Dewasa, wajar kalau anak kecil tidak suka. Hhohoho... Sudah jelas2 Komik ini untuk dewasa bung!
Mungkin karena rating inilah cerita lebih ditonjolkan daripada visual itu sendiri. Buat saya, mari kita apresiasi karya lokal kita walau seperti apa pun kualitasnya dengan memberikan masukan dan saran yang berguna daripada terus menghina dan mencemooh karya sendiri, toh kita sendiri nantinya yang rugi...

Saya berusaha untuk berpikir positif dalam membaca visualnya, tanpa membandingkan dengan visual komik Jepang yang mungkin memang seharusnya tidak usah dibandingkan, komik ini sebenarnya sudah membuat saya terhibur kok, karena saya terbawa dengan suasana dan alur cerita yang di bawakan. Nice enough!

Akhir kata, semoga komik2 Indonesia semakin matang dan menemukan jati dirinya dengan terus diiringi peningkatan kualitas cerita dan visual yang akan memukau dan memuaskan pembacanya. Amin

2 komentar: